Siman, 24 Juli 2017. KKN Berbasis Partisipation Action Research (PAR) Bidang Pendidikan adalah kegiatan akademik yang berorientasi pada aplikasi ilmu pengetahuan untuk pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat lokasi KKN. Namun demikian, mengingat Mahasiswa peserta KKN dari program studi pendidikan agama Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, maka fokus program KKN adalah permasalahan pendidikan Agama Islam dalam pendidikan jalur sekolah dan luar sekolah. Inilah yang dimaksud dengan KKN berbasis Partisipation Action Research (PAR) bidang Pendidikan luar Sekolah.

Sebagai kegiatan akademik program wajib keduanya memiliki masing-masing  4 SKS, sehingga menjadi 8 SKS.

Pelaksanaan Dari kegiatan KKN Berbasis Partisipation Action Research (PAR) ini akan dilaksanakan mulai tanggal 01 – 31 Agustus 2017 dan bertempat di Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan, dengan diikuti sebanyak 130 mahasiswa yang terbagi menjadi 15 Kelompok tersebar di kecamatan laren Lamongan.

Tujuan KKN Berbasis Partisipation Action Research :

  1. Membimbing mahasiswa sebagai calon guru agar memperoleh pengetahuan, penghayatan, dan keterampilan yang konsisten dengan profesi guru pendidikan agama Islam.
  2. Membelajarkan mahasiswa dalam menggali problematika pendidikan dalam perspektif pemberdayaan masyarakat.
  3. Membantu pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat, produksi ilmu pengetahuan umat, dan proses perubahan sosial keagamaan.
  4. Membelajarkan mahasiswa dalam membangkitkan kesadaran kritis secara kolektif.
  5. Membelajarkan mahasiswa melakukan refleksi dan pendidikan masyarakat

Program KKN Berbasis Partisipation Action Research

  Kegiatan KKN Berbasis Partisipation Action Research

Penyusunan kegiatan KKN Berbasis Partisipation Action Research pada prinsipnya dimulai dari kajian masalah, perencanaan kegiatan, pelaksanaan program dan pemantauan atau evaluasi kegaiatan. Berikut ini disajikan penjelasan penyusunan kegiatan program KKN dengan pendekatan PAR (participation action research).

  • Kajian masalah dan kebutuhan.

Mahasiswa melakukan terhadap kebutuhan masyarakat tempat KKN Berbasis Partisipation Action Research dengan pendekatan PAR(participation action research). Pada tahap ini peserta KKN bisa menggunakan observasi dan wawancara dengan berbagai sumber kunci di masyarakat, seperti kepala desa, tokoh masyarakat, dan pemuda untuk mengkaji berbagai aspek kehidupan di desa menurut pandangan seseorang dalam masyarakat tersebut.

Analisis data dengan menggunakan pemetaan, diagram venn, perubahan dan kecenderungan, diagram alur, pohon masalah danharapan, bagan peringkat, dan matriks ranking. Dengan menggunakan teknik-teknik ini mahasiswa dapat memilih skala prioritas masalah terutama pada masalah pendidikan.

  • Perencanaan Mahasiswa melakuikan kajian terhadap potensi dan berbagai alternatif untuk memecahkan problematika pendidikan dan menyadarkan masyarakat memahami kebutuhan yang dapat mendorong mereka kepada pemberdayaan masyarakat. Dalam proses ini mahasiswa juga mempersiapkan langkah-langkah untuk pelaksanaan KKN Berbasis Partisipation Action Research dan teknik-teknik yang digunakan untuk melakukan analisis data yang diperoleh di tempat KKN. Langkah-langkah kegiatan untuk melakukan penelitian terlibat bersama masyarakat. Misalnya, di suatu desa angka putus sekolah tinggi. Sedangkan di desa tersebut terdapat suatu potensi dengan adanya aghniya’ yang dapat dijadikan bapak asuh bagi anak-anak yang tidak sekolah. Rencana aksi KKN Berbasis Partisipation Action Research dapat dilakukan melalui pemetaan seperti pada lampiran Rencana Aksi KKN Berbasis Partisipation Action Research.
  • Kegiatan pelaksanaan, tahap ini adalah proses melakukan penelitian secara partisipatif dengan menggunakan pendekatan PAR(participation action research), sebagai sikap dan perilaku peserta KKN. Pendekatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat pedesaan untuk turut serta meningkatkan kemampuan dalam menganalisis keadaan mereka terhadap kehidupan dan kondisinya, agar mereka dapat membuat rencana dan tindakan sendiri
  • Pemantauan Kegiatan, dalam kegiatan ini peserta KKN melihat perkembangan program, menyusun analisis keberhasilan dan hambatan-hambatan yang dihadapi, yang selanjutnya dijadikan program baru. Empat tahap kegiatan tersebut secara terus menerus dilakukan, yang biasanya disebut sebagai ‘daur program.

Abdellah, Red.

 

KKN STITAF 2017 – Berbasis Partisipation Action Research (PAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *